Home » , » Intip Kekuatan Lawan: Persipur Fokus Pembenahan Lini Tengah

Intip Kekuatan Lawan: Persipur Fokus Pembenahan Lini Tengah

Keroposnya pertahanan pemain Persipur Purwodadi di lini tengah menjadi evaluasi pelatih Gunawan. Meski menang 2-1 saat melawan tim Divisi I, Persikaba Blora, Selasa (5/2) sore kemarin, pemain tengah Persipur harus dilakukan perombakan posisi yang pas. 

Gunawan mengatakan, saat ini pemain tengah yang sudah ada antara lain Franky Mahendra, Ribut Pujiono, Muntarno, Feri Hariyadi, Rizal Arif, Nur Chamid, Triyono, dan Ahmad Faizin. Satu nama lagi pemain tengah yang saat ini masih diusahakan oleh manajemen Persipur untuk dapat memperkuat lini tengah dalam menghadapi PSCS Cilacap pada 11 Februari mendatang adalah pemain ekspatriat asal Liberia, John Tamba Barnes, yang sebelumnya belum bisa memperkuat Persipur lantaran terkendala kontrak pemain yang belum ada kesepakatan. 

"Lini tengah kita memang perlu penyegaran. Setiap kali pertandingan, baik uji coba maupun resmi yang kemarin, lini tengah kita sangat mudah dikacaukan oleh tim lawan. Oleh karena itu harus segera kita benahi," kata Gunawan, saat ditemui di Stadion Krida Bhakti, Rabu (6/2). 

Bukan hanya mudah dikacaukan tim lawan saja, Gunawan menambahkan, kelemahan pemain di lini tengah juga seringkali salah oper bola. Suplai bola dari pemain tengah ke pemain depan untuk diakselerasikan menjadi gol, sering gagal lantaran operan bola dari tengah tidak akurat. 

"Komunikasi pemain sudah membaik. Hanya saja akurasi operan bola masih minim dan banyak kesalahan yang secepatnya harus kita perbaiki sebelum pertandingan selanjutnya. Itu yang menjadi PR kita saat ini," tambahnya. 

Gunawan menerangkan, minimnya akurasi operan bola dikarenakan fisik pemain yang kurang baik. Skill individu rata-rata pemain tengah Persipur yang keseluruhannya merupakan pemain lokal, masih standar. Gunawan berupaya memperbaiki skill pemain, dalam hal ini pemantapan fisik, skill dribling bola, dan tehnik mengoper bola. 

Sementara itu, Manajer PT Persipur Mulia, Mulyadi mengatakan, hingga saat ini pihaknya tidak ada rencana untuk penambahan pemain. Mulyadi meminta pelatih Gunawan untuk memaksimalkan pemain yang ada dan memoles kemampuan mereka untuk siap bertanding hingga putaran terakhir Divisi Utama Liga Indonesia.

 "Kita terkendala masalah dana kalau mau menambah pemain. Jadi pemain seadanya saja kita optimalkan ditambah satu pemain asing yaitu John. Kita yakin meski dengan materi pemain lokal, kita bisa mengimbangi tim-tim lain," kata Mulyadi, yang juga ketua umum Persipur Purwodadi. 

Meski hanya bermaterikan pemain lokal, seperti Franky Mahendra, Ribut Pujiono, Nur Chamid, dan beberapa pemain lain, Mulyadi optimis kelemahan di lini tengah yang kerap menjadi masalah bagi tim saat bertanding, bisa diatasi oleh pelatih Gunawan. Kemampuan pemain lokal tersebut, Mulyadi menuturkan, sebenarnya cukup bagus. Bahkan pemain gelandang sayap Franky Mahendra, yang memiliki kecepatan berlari di atas rata-rata meskipun berbadan kecil, kerap merepotkan tim lawan. 

"Mungkin benar kelemahan lini tengah itu karena semuanya berbadan kecil sehingga mudah dilewati pemain lawan. Bahkan kalau soal operan bola yang sering melenceng dan tidak akurat ini menjadi kendala bagi pemain depan, tapi rata-rata dengan tubuh kecil ada keuntungan dapat bermain lebih lincah dan gesit. Sehingga dengan pola permainan seperti itu, tim lawan akan juga mengalami kesulitan," terang Mulyadi, sambil mencontohkan pemain Persebaya yang berbadan kecil, Andik Firmansyah. 

Dengan minimnya akurasi operan bola ke pemain depan, lebih lanjut Mulyadi menjelaskan, maka akan semakin minim gol yang akan dicetak oleh pemain depan Ardiles Agung Widagdo. Mulyadi menargetkan perbaikan kelemahan di lini tengah Persipur akan ada hasilnya saat Persipur bertandang ke markas PSCS Cilacap. "Kami meminta kepada pelatih agar fokus masalah itu sebelum pertandingan selanjutnya. Sehingga, dalam pertandingan besok kita tidak ingin kecewa. Bagaimana pemain depan akan mencetak gol ke gawang lawan kalau misalnya operan bola pemain tengah masih salah terus," tegasnya. - Cp
-----------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
Sumber: Cakrawalaonline
Laskar Petir Garis Keras - Facebook
Share this article :

0 komentar:

Posting Komentar

 
Support : PSCS Cilacap | Laskar Nusakambangan
Copyright © 2010-2015. MakSruwingNews - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website
Proudly powered by Blogger